Koneksi antar materi pendidikan yang memerdekakkan
KONEKSI ANTAR MATERI
hal hal yang sudah selaras dengan praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan.
Proses pendidikan yang menempatkan kebebasan peserta didik untuk mengatur dirinya sendiri dengan upaya membina mendidik serta menuntun segala aspek yang melekat pada qodrat anak. Menuntun pola pikir, mengolah rasa, membentuk pribadi beretika merupakan bagian dari refleksi KHD.
Konsep pendidikan KHD menjelaskan bahwa pendidikan seharusnya mengantar anak didik menjadi manusia merdeka, namun tidak mengganggu kemerdekaan orang lain. inilah yang oleh KHD disebut dengan manusia merdeka yang cakap mengatur hidupnya secara tertib.
contoh kegiatan positif yang sudah selaras dengan prinsip belajar memerdekakan adalah membuat komunitas bakat anak dengan melakukan penelusuran kader potensial(TALENT SCOUTING). dikomunitas inilah anak akan mengekspresikan bakat-bakat mereka dengan dipandu oleh pembimbig yang berkompeten.Hal-hal yang tidak selaras terkait praktik prinsip pendidikan yang memerdekakan yang dirasa perlu diubah atau dikembangkan bahkan dihilangkan.
Hal-hal yang perlu diubah atau ditinggalkan adalah :
- Menjadikan peserta didik hanya sebagai pendengar pasif sehingga bersifat monoton;
- Murid tidak memperoleh kebebasan menentukan tujuan belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka;
- Menyamaratakan kemampuan anak;
- Murid hanya diminta untuk mengikuti apa yang di inginkan oleh guru;
- Program sekolah yang tidak berbanding lurus dengan program orang tua murid.
Hal-hal yang perlu dikembangkan disekolah:
- Sekolah perlu memberikan ruang bagi anak berekspresi sesuai dengan kemampuan atau bakat mereka;
- Guru yang senantiasa berefleksi dan meminta umpan balik kepada peserta didik;
- Identifikasi aset lingkungan secara menyeluruh guna menjadi bagian untuk menyalurkan minat dan bakat anak.
Komentar
Posting Komentar