koneksi antar materi 2.2


 PENJELASAN PETA KONSEP

sangat nampak keterkaitan antara modul 2.1 Pembelajran dengan modul 2.2 PSE dan KSE untuk mewujudkan pembelajaran yang membahagiakan peserta didik.

Pembelajaran Diferensiasi terdapat dua hal yang sangat asik untuk di bahas yaitu antara KEBUTUHAN BELAJAR MURID dan STRATEGI DIFERENSIASI. terdapat pertanyaan, apakah setiap kebutuhan bisa relevan untuk strategi yang diinginkan?

berdasarkan konsultasi yang saya lakukan bahwa setiap kebutuhan belajar murid relevan dengan semua strategi diferensiasi dapat di kategorikan sebagai berikut :

1. Pembelajaran berdiferensiasi pada konten berdasarkan kesiapan belajar,

2. Pembelajaran berdiferensiasi pada konten berdasarkan minat,

3. Pembelajaran berdiferensiasi pada konten berdasarkan profil belajar.

4. Pembelajaran berdiferensiasi pada proses berdasarkan kesiapan belajar

5. Pembelajaran berdiferensiasi pada proses berdasarkan minat

6. Pembelajaran berdiferensiasi pada proses berdasarkan prifil belajar

7. Pembelajaran berdiferensiasi pada produk berdasarkan kesiapan belajar

8. Pembelajaran berdiferensiasi pada produk berdasarkan minat

9. Pembelajaran berdiferensiasi pada produk berdasarkan profil belajar

dari sembilan variasi kita bisa memilih mana yang kita inginkan.

Lalu apa hubungannya dengan KSE?

jelas sangat terhubung untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada anak tidaklah cukup hanya berkutat pada diferensiasi saja. tetapi juga karakter pada peserta didik, KSE memiliki titik tekan pada karakter. Dengan penanaman ini maka peserta didik dapat mencapai kebahagian sesuai dengan kodrat mereka tanpa meninggalkan karakter yang ada. Bahkan peserta didik akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan dirinya sendiri melalui KSE.

demikian secuil pemahaman saya semoga membawa kebarkahan dan manfaat bagi kita semua. aamiin.



Komentar