KONEKSI ANTAR MATERI 1.3.a.9.


Assalamualaikum sahabat penggerak semua.....

kali ini mas bana akan corat coret lagi di papan blog, semoga bermanfaat ya kawan....

Menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid sepertinya sudah menjadi hal yang umum diinginkan semua pihak.salah satu tujuan visi, yaitu untuk mencapai perubahan yang lebih baik dari kondisi saat ini. Visi membantu kita untuk melihat kondisi saat ini sebagai garis “start” dan membayangkan garis “finish” seperti apa yang ingin dicapai. Ini bagaikan seorang pelari yang perlu mengetahui garis “start” dan garis “finish” bahkan sebelum ia benar-benar berlari melintasi jalur lari tersebut.

 

 Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. keberhasilan suatu visi merupakan cita-cita semua guru, dengan visi arah tujuan akan menjadi jelas dan terarah.

sahabat penggerak semua....di materi demonstrasi kontekstual mas bana telah menyertakan apa itu IA dan apa itu BAGJA. pada kesempatan kali ini akan mas bana ulas kembali. 

"IA dikenal sebagai pendekatan manajemen yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap oranfg mempunyai inti possitif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Dengan demikian dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan lalu apa yang dimaksud dengan BAGJA?. BAGJA adalah langkah-langkah yang akan kita terapkan untuk perubahan sesuai VISI yang kita inginkan". 


dari dulu cita-cita awal saya sebagai guru adalah bagaimana bisa menciptakan ekosistem wellbeing tapi peserta didik juga beradab untuk menyongsong peradaban. kali ini  mas bana akan gali mimpi saya melalui IA dengan tahapan BAGJA, untuk menerapkan IA dengan Tahapan BAGJA teman-teman perlu melihat hal-hal positif aset yang berada di sekeliling kita. jadiiii... belajrlah berpikiran positif mulai dari sekarang yaaaa....hehehehe

 

berikut IA dengan tahapan BAGJA yang mas bana buat,,,simple sekali dan semoga bermanfaat.


PRAKARSA

PERUBAHAN

Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

Bagaimana menuntun peserta didik untuk beriman, bertaqwa terhadap Alloh dan berakhlak mulia

(profil pelajar Pancasila)



Apa tujuan dari perilaku beriman, bertakwa dan berakhlak mulia bagi anak.



Memberikan arahan tentang pentingnya sholat tepat waktu


Memberikan  contoh bagi peserta didik untuk datang di awal waktu(ing ngarso sung tuladha)


Peserta didik dapat bertanggung jawab untuk mempimpin dan membimbing dirinya sendiri atau i teman-temannya.

A-mbil pelajaran (Discover)

Hal positif apa yang diperoleh ?






Kemampuan seperti apa yang saya miliki?

Terwujudnya pribadi setiap peserta didik yang taat pada tuhannya


Terciptanya budaya nasehat dan menasehati antara satu dengan yang lainnya(saling mengingatkan).


Mampu menguasai kelas dengan mudah serta mampu mengkondisikan  anak tanpa kekerasan.

G-ali mimpi (Dream)

Apa yang terjadi jika perilaku iman, takwa dan berakhlak karimah terwujud?

Peserta didik berinisiatif atau dengan kesadaran dirinya akan hadir lebih awal untuk beribadah di masjid sebagai pertanggungjawaban moral terhadap Tuhannya( profil MANDIRI)


Budaya Saling mengingatkan ketika waktu sholat telah tiba.(profil gotong royong)


Menjadi generasi yang beradab dan mau menerima nasihat.( profil akhlak mulia)



J-abarkan rencana (Design)

Apa langkah selanjutnya yang harus saya tempuh?

Membuat program keagamaan untuk menunjang rencana diatas.(PHBI)


Menyediakan jadwal khutbah jumat untuk peserta didik(peserta didik menjadi khatib).


Memberikan motivasi tentang iman, takwa dan adab secara berkala.



A-tur eksekusi (Deliver)

Bagaimana mewujudkan program diatas.

Menyampaikan rencana kepada kepala sekolah sebagai daya dukung kebijakan.


Berkolaborasi dengan teman sejawat se maple PAI beserta pembina, wali kelas,pengurus rohis untuk pengawasan di sekolah


Bekerjasama dengan orang tua/ wali murid sebagai pemantau di rumah, sehingga program sekolah dan di rumah bisa selaras.


Dukungan semua warga sekolah.

(ketika semua beriman dan beradab maka semua akan berjalan pada rell masing-masing dengan penuh tanggung jawab sehingga visi bukan selogan semata).


Dari penjelasan di atas maka Visi saya adalah "TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERADAB DENGAN EKOSISTEM PENDIDIKAN YANG WELLBEING.

demikian sekelumit tulisan saya, semoga membawa manfaat. aamiin. ketemu lagi di lain kesempatan. wassalamualaikum....

 

  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

koneksi antar materi 2.2