DEMONSTRASI KONTESKTUAL IA (BAGJA) 1.3.a.7.1
Asslamualaikum sahabat penggerak……
Bagaimana kabar semua? Alhamdulillah,, saat ini mas bana masih diberi kesempatan untuk mengetik..hehehe
Kali ini mas bana akan membahas tentang IA dengan tahapan BAGJA. Sebelum praktik membuat mas bana akan beri penjelasan terlebih dahulu apa itu IA dan apa itu BAGJA. IA dikenal sebagai pendekatan manajemen yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologipositif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap oranfg mempunyai inti possitif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Dengan demikian dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan lalu apa yang dimaksud dengan BAGJA?. BAGJA adalah langkah-langkah yang akan kita terapkan untuk perubahan sesuai VISI yang kita inginkan.
sahabat penggerak yang budiman... Karena mas bana adalah guru Agama Islam, maka saya akan mencoba BAGJA untuk mengetahui kekuatan Profil Pelajar Pancasila BERIMAN, BERTAQWA DAN BERAKHLAK MULIA di sekolah saya.
Sahabat penggerak semua….. hal positif di sekolah saya adalah sebagian besar guru dan peserta didik tanpa di minta dan diarahkan mereka memiliki kepekaan ketika adzan berkumandang mereka berbondong-bondong untuk segera hadir ke masjid untuk melaksanakan kewajiban kita terhadap Alloh Swt. Hal ini merupakan salah satu modal penting yang kita miliki untuk mewujudkan generasi beriman, bertakwa dan beradab. bagaimana peradaban baru akan bisa dimulai kalau kita mencetak generasi kurang adab. jika urusan orang dengan tuhannya di penuhi dan taati, maka untuk urusan-urusan yang lain juga akan ia penuhi dengan penuh tanggung jawab. Dan ini merupakan pondasi karakter yang baik untuk di semai pada sanubari anak.
sahabat penggerak yang budiman berikut tabel IA dengan tahapan BAGJA yang saya buat... saya lebih terfokus pada moral anak...
Berikut ini hanyalah
contoh tabel untuk mengumpulkan pertanyaan utama dan kegiatan apa saja yang
ada di setiap tahapan B-A-G-J-A sebagai dasar pertimbangan Anda ketika
merumuskan rekomendasi untuk mengenali serta menumbuhkan potensi
murid-murid tersebut.
PRAKARSA PERUBAHAN |
Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat pertanyaan (Define) |
Bagaimana memandu peserta didik
untuk berprilaku iman, taqwa terhadap Alloh dan berakhlak mulia (profil pelajar Pancasila) Apa tujuan dari perilaku beriman, bertakwa
dan berakhlak mulia bagi anak. |
Memberikan arahan tentang
pentingnya sholat tepat waktu Memberikan contoh bagi peserta didik untuk datang di
awal waktu Peserta didik dapat bertanggung
jawab untuk mempimpin dan membimbing dirinya sendiri atau i teman-temannya. |
A-mbil pelajaran (Discover) |
Hal positif apa yang diperoleh ? Kemampuan seperti apa yang saya
miliki? |
Terwujudnya pribadi setiap peserta
didik yang taat pada tuhannya Terciptanya budaya nasehat dan
menasehati antara satu dengan yang lainnya(saling mengingatkan). Mampu menguasai kelas dengan mudah
serta mampu mengkondisikan anak tanpa
kekerasan. |
G-ali mimpi (Dream) |
Apa yang terjadi jika perilaku iman,
takwa dan berakhlak karimah terwujud? |
Peserta didik berinisiatif dengan
kesadaran dirinya akan hadir lebih awal untuk beribadah di masjid( profil MANDIRI) Budaya Saling mengingatkan ketika
waktu sholat telah tiba.(profil gotong royong) Menjadi generasi yang beradab dan
mau menerima nasihat.( profil akhlak mulia) |
J-abarkan rencana (Design) |
Apa langkah selanjutnya yang harus
saya tempuh? |
Membuat program keagamaan untuk
menunjang rencana diatas.(PHBI) Menyediakan jadwal khutbah jumat
untuk peserta didik(peserta didik menjadi khatib). |
A-tur eksekusi (Deliver) |
Bagaimana mewujudkan program
diatas. |
Menyampaikan rencana kepada kepala
sekolah. Berkolaborasi dengan teman sejawat
se maple PAI beserta pembina dan pengurus rohis. Dukungan semua warga sekolah. (ketika semua beriman dan
beradab maka semua akan berjalan pada rell masing-masing dengan penuh
tanggung jawab sehingga visi bukan selogan semata). |
Komentar
Posting Komentar