koneksi antar materi 1.2.a.9

KONEKSI ANTAR MATERI 1.2.a.9

CGP ANGKATAN 4 ASAL KAB. BOYOLALI TEERRRSENYUMM. 

BANA AGUNG DAROJAT

assalamualaikum sahabat penggerak...

Lewat blog ini mas banna akan menyampaikan koneksi antar materi tentang peran dan nilai guru penggerak, bagi sahabat semua yang berbeda pendapat akan tulisan di bawah ini sangat di perbolehakan sekali. Semakin banyak orang berfikir maka akan semakin maju bangsa ini. selamat bereksplorasi atau berjelajah ilmu pengetahuan, karena guru merupakan pengajar sekaligus pembelajar.



  1. Apa yang saya pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

    nilai dan peran guru penggerak merupakan modal awal bagi sorang guru penggerak untuk dengan nilai dan peran ini diharpakan guru penggerak melewati fase tergerak, bergerak dan menggerakkan

    adapun nilai dari guru penggerak adalah Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. sedangkan peran dari guru penggerak adalah Menjadi pemimpin pembelajaran, Menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, Mendorong kolaborasi antar guru, mewujudkan kepemimpinan murid.

    dengan nilai dan peran di atas, guru penggerak akan memiliki kompetensi berlebih untuk untuk menggerakkan komponen-komponen yang ada dalam instansi pendidikan serta menjadi pioner atau agen perubahan dalam pendidikan di Indonesia.

  2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

    sahabat penggerak semua,,,,sangat jelas terdapat keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak, guru sebagai pamomong dan panuntun anak dalam laku hidupnya membutuhkan nilai-nilai diatas untuk memainkan perannya, baik sebagai pemimpin pembelajaran, penggerak komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, pendorong kolaborasi antar guru, serta berperan dalam mewujudkan kepemimpinan murid.

    dengan ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani menunjukkan di setiap peran yang diperankan oleh guru penggerak dapat membawa nilai-nilai yang ada. dimanapun posisinya baik ketika sebagai pemimpin atau peran yang lainnya, guru penggerak senantiasa mampu menjadi inspirasi bagi guru lainnya karena kompetensinya.

  3. Saya akan mengingat kembali refleksi diri saya pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah saya buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran saya). Apa strategi yang bisa saya lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 

    sahabat penggerak,,, strategi yang akan saya lakukan adalah :

    1. senantiasa refleksi setelah beraksi

    2. selalu menjadi manusia pembelajar

    3. sering berdiskusi dan berkomunikasi dengan teman sejawat untuk kemajuan bersama

    4.  membangun komunikasi yang baik dengan para siswa

    5. mencari cara atau metode yang tepat untuk aksi 

    6. upgrade diri

  4. Siapa saja pihak yang dapat membantu akan membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

    1. kepala sekolah sebagai pemegang kebijakan tertinggi di sekolah 

    2. teman sejawat sebagai rekan diskusi untuk implementasi bersama(maju bersama hebat semua).

    3. peserta didik yang siap dengan perubahan menuju kemerdekaan dalam pembelajaran.

    4. diri saya sendiri yang memiliki kemauan yang tinggi dengan kemampuan yang pas-pasan. apalah arti sebuah kemampuan yang tinggi kalau tidak memiliki kemauan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

koneksi antar materi 2.2