KONEKSI ANTAR MATERI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
assalamuaalaikum sahabat penggerak semua..bagaimana kabarnya ini?
semoga sahabat penggerak senantiasa dimampukan untuk bergerak....aamiin..
teman-teman semua,,,,disini mas bana akan membahas sedikit tentang PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI dengan dipandu oleh beberapa pertanyaan pemantik...
1. kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas
Pembelajaran Berdiferensiasi menurut Tomlinson adalah Usaha untuk mnyesuaikan proses pembelajaran dikelas untuk memenuhi kebutuhan belajar yang optimal. bukan berarti guru harus menggunakan 25 cara yang berbeda untuk mengajar 25 siswanya. pembelajaran bediferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang, bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak. pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang tumpang tindih bin semrawut, yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, di mana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu Si A, B, atau Si C dalam waktu yang bersamaan.
pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.
pembelajaran di kelas dapat dilaksanakan dengan terlebih dahulu guru membuat Rencana Program Pembelajaran. tentunya RPP tersebut haruslah terdapat unsur pembelajaran diferensiasinya sehingga guru akan lebih mudah untuk melaksanaknnya dalam pembelajaran dan sesuai. terdapat kebutuhan belajar siswa(Readiness, minat, profil belajar) dan strategi yang dipilih (konten, proses dan produk), terapat pula standar penilainnya.
2. bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal.
Kebutuhan Belajar (Readiness) |
Beberapa anak sudah bisa membaca
Alquran dan identifikasi tajwid |
Beberapa anak sudah bisa
membaca alquran namun kurang paham hukum tajwid |
Beberapa anak belum lancar
membaca Alquran tapi tidak paham tajwid |
Tugas |
Murid diminta mengerjakan potongan-potongan ayat dengan mengidentifikasi tajwidnya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari |
Murid diberi bantuan dengan alat peraga berupa kartu tajwid yang mana pada kartu tersebut terdapat rumus tajwid. Jika megalami kebingungan maka murid diminta untuk bertanya kepada temannya terlebih dahulu. Sesekali guru akan mendatangi kelompok tersebut untuk menghindari miskonsepsi. |
Murid akan mendapatak pembelajaran kembali tentang tajwid dengan lebih detail. Lalu guru akan memberikan scaffulding yang berlebih untuk kelmpok ini. |
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar